BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 27 Oktober 2009

seRangAn2 di CompuTer

Serangan-Serangan Di Komputer

Virus adalah program buatan manusia yang sengaja di ciptakan untuk memperlambat kinerja komputer tersebut dan bersifat merusak komputer tersebut banyak juga penyebab lain seperti kita mempunyai file yang tidak bisa di buka lagi.

Macam-macam virus yang berbahaya :

1. Virus Bagle BC adalah virus yang sangat berbahaya dan telah masuk peringkat teratas, jenis virus ini yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Virus ini mempunyai 2 varian, yaitu ( Bagle BD dan BE ) menyebarannya cepat melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.

2. Backdoor Alnica adalah salah satu Virus yang berbahaya tipe virus Trojan Horse. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200, Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT dan Windows XP. Virus ini berukuran sebesar 57.856 byte.

3. Trojan di Linux para pengguna linux harus hati-hati karena penyebaranya juga menggunakan e-mail dengan alamat "security@redhat.com" karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat "secalert@redhat.com" dan ditandatangani secara digital. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.

Macam-macam virus yang tidak terlalu berbahaya :

1. Trojan.Lodear
Trojan Horse menyerang bila kita mendownload data dari internet. Virus ini akan menginjeksi file ke internetexplorer yang menyebabkan ke tidakstabilan sistem.

2. W32.Beagle.CO@mm
adalah Virus yang dapat menghapus kunci-kunci registry dan bagian-bagiannya dan mungkin memblok akses ke jaringan keamanan website.

3. Backdoor.Zagaban
Virus trojan yang satu ini menginjeksi komputer tertentu untuk digunakan sebagai tempat berlindung untuk merusak network atau jaringan terkait.

4. W32/Netsky-P
Virus ini mampu menyebarkan email massal dengan sendirinya kepada alamat email yang diproduksi oleh suatu file pada PC / local drive.

5. W32/Mytob-GH
Virus penyebar email massal dan merupakan Trojan untuk IRC pada komputer berbasis Windows. Contoh yang sudah ada seperti : peringatan pembatasan suatu akun, suspensi akun email, ukuran keamanan, member support, peringatan penting.

6. W32/Mytob-EX
Virus yang menyebarkan email massal dan Trojan IRC yang mirip dengam W32-mytob-gh. W32/mytob-ex terus menerus di belakang layar, menyediakan pintu belakang bagi server yang untuk menjangkau komputer lain via IRC channel. Virus ini menyebar dengan sendirinya terutama kepada attachments email address.

7. W32/Mytob-AS, Mytob-BE, Mytob-C, and Mytob-ER
Keluarga virus ini mempunyai karasteristik yang sama atas apa yang mereka
lakukan. Mereka menyebarkan email massal yang bisa dikendalikan melalui
Internet Relay Chat (IRC) network. Sebagai tambahan, mereka bisa menyebarkan
email melalui bermacam-macam sistem operasi komputer yang lemah seperti
LSASS (MS04-011).

8. Zafi-D
pengirim email massal dan peer-to-peer yang membuat salinan
sendiri kepada folder sistem windows dengan nama file nortonupdate. exe. Virus ini dapat membuat sejumlah file di folder sistem windows dengan nama file terdiri dari 8 random karakter-karakter dan ekstensi DLL. w32/zafi-d menyalin sendiri ke folder dengan nama yang berisikan share, upload, atau musik sebagai icq 2005anew! . exe atau winamp 5.7 new! . exe. W32/zafi-d juga akan menampilkan kotak pemberitahu error yang menipu dengan judul " crc: 04f6Bh" dan teks " Error in packed file! ".

9. W32/Netsky-D
Virus ini juga mengirimkan serangan melalui IRC backdoor yang berfungsi juga menginfeksi komputer yang lemah.

10. W32/Zafi-B
Virus ini menyerang peer-to-peer (P2P) dan email virus akan dicopy dengan sendirinya pada sistem folder windows yang akan diberi nama otomastis secara acak.

JENIS – JENIS VIRUS
1. Virus Makro adalah virus yang berjalan apabila aplikasi pembentukannya dapat berjalan dengan baik
2. Virus Boot Sector adalah virus yang dapat menggandakan dirinya. Virus ini dapat mengendalikan hardware standard contohnya : monitor, printer. Dari memori ini virus akan menyebar keseluruh drive yang terhubung ke computer contohnya : floopy, drive dll.
3. Stealth Virus adalah Virus yang menguasai tabel tabel interupt pada DOS "Interrupt interceptor". Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya .
4. Polymorphic Virus adalah virus yang dirancang buat mengecoh program antivirus.
5. Virus File/Program adalah yang menginfeksi file file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file application (*.EXE), maupun *.COm biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.
6. Multi Partition Virus adalah Virus yang menggabungkan dari Virus Boot sector dan Virus file: artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE dan juga menginfeksi Boot Sector.

Cara Mencegah Dan Memusnakan Virus :
1. Dengan memasang program anti virus
2. mengaktifkan selalu ketika menjalankan computer
3. pastikan selalu anti virus yang anda miliki dalam keadaan ter update dia akan membuat komputer anda berjalan selalu dalam keadaan stabil.
4. lakukan lah back up data secara rutin
5. Jika sering menggunakan disket, USB Flash Disk, Harddisk external, pada komputer yang dipakai oleh banyak orang, ingatlah selalu untuk melakukan scanning antivirus pada media penyimpanan tersebut sebelum anda menjalankannya pada komputer anda.
6. Waspadalah terhadap lampiran/attachments email.
7. Gunakan email berbasis teks dalam ber-email. Menggunakan email berformat html sangat disukai oleh banyak orang karena email jenis ini tampak lebih indah dan mudah dikustomisasi tampilannya. Sayangnya, email jenis ini juga disukai oleh virus untuk menyebarkan diri. Virus dapat menempel pada kode kode html yang ada pada body e-mail.
8. Berhati-hatilah dalam mengunduh rogram gratisan yang banyak dijajakan di dunia maya. Lakukan scanning installer program tersebut sebelum dipasang di komputer.
9. Hati hati terhadap taut atau link yang disebar via program messenger. Jangan pernah menerima undangan untuk berkunjung ke suatu situs dari orang yang tidak begitu anda kenal tersebut akan mengarahkan anda ke suatu situs yang banyak mengandung virus.
10. Hati hati pula dalam melakukan surfing ke alamat alamat web yang tidak jelas isinya. Virus juga dapat menyisip pada kode kode html suatu situs sehingga anda bisa terkena virus bila berkunjung suatu web yang bervirus.

Macam-macam Anti Virus
1. Avira AntiVir Personal - FREE Antivirus
2. AVG Antivirus
3. ClamAV
4. Comodo Antivirus
5. LOKAL
6. AVIGen AntiVirus 2008 3.0 Beta
7. AI (AVINDO 141) - 25 Sept 07 (5824)
8. CompactbyteAV
9. Gucup AntiVirus 3.2.0 (GAV)
10. Kisav Antivirus
11. The Killer Machine
Salah satu antivirus lokal dengan kemampuan yang bisa diandalkan, dapat menghapus hampir semua virus lokal yang beredar serta semua file yang dicurigai sebagai virus. menghentikan process virus yang sedang berjalan, dan merubah logo dan register di properties system.
Memancing virus menggunakan The killer machine. Dengan bantuan hijackthis untuk mengetahui lokasi induk virusnya. Lokasi virus yang terdetect di hijackthis.
Mawar Antivirus
12. Smada Antivirus (SmadAV)
13. ViriRemover
14. Wedash Anti Virus (WAV) 2005

0 komentar: